Saturday, October 1, 2016

[TRAVEL] Bromo - After 13 years.





Sudah hampir 13 tahun,

sejak pertama kali aku bertemu si cantik Gunung Bromo.

Apa kabar-mu sekarang?




------------------------------------------------------------------------
Iya,
sudah hampir 13 tahun sejak aku pertama kali bertemu langsung dengan Gunung Bromo

Dulu rasanya pakai jaket lapis 4 aja masih kurang cukup untuk menjaga suhu badan.
Sekarang, 13 tahun setelahnya.

Masih dingin kok, dingin banget.

Tapi sekarang kayaknya pakai 1 lapis sweater aja sudah cukup.

----------------------------------------------------------------------
 WHERE TO STAY 

Dulu dan sekarang,
aku selalu pilih penginapan yang lokasinya paling dekat dengan Gunung Bromo.

Kenapa?
Karena aku selalu jalan sama mama papa,
jadi kalau mama papa capek untuk jalan jalan,
bisa langsung ke depan hotel aja untuk nikmati pemandangan macam ini.



Hotel yang aku tempati kali ini yaitu
Lava View Lodge Hotel.
Lokasinya bener bener di sebelah Gunung Bromo,
hotel ter-dekat dengan Gunung Bromo i guess?

Pemandangan hotel dari depan

Sebenernya ada beberapa pilihan hotel yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Bromo,
tapi kenapa aku pilih Lava View Lodge Hotel ?
It's simply because they answered my phone calls hahaha i know.
Sempat coba nelpon beberapa hotel lain,
tapi banyak dari mereka yang nomer telepon nya sudah ga aktif.
Tapi ternyata fasilitas dan servis yang hotel ini berikan oke banget kok.
Terlebih lagi, mereka punya fasilitas FREE WIFI,
yang kita butuhin banget buat update dari lokasi yang susah sinyal kaya gini :D

Harga permalamnya sekitar Rp 1.200.000,- untuk tipe Family Room.
Termasuk ga terlalu mahal,
karena melihat berbagai benefit yang mereka berikan ke kami tamunya.

Termasuk ini.

Ini,enak,banget.



---------------------------------------------------------------
THE TOUR

Disini,
semua-muanya hampir 90% sudah di atur oleh pemerintah.
Dari mulai paket tour nya,
termasuk hingga penyewaan mobil jeep hardtop nya.

Buat kalian yang belum tau,
untuk bisa menikmati cantiknya Gunung Bromo dan kawasan wisata disekitarnya
kita tidak diperbolehkan menggunakan mobil pribadi.
Mobil pribadi hanya bisa sampai hotel saja,
selanjutnya dari hotel kita harus lanjut menggunakan Jeep Hardtop untuk bisa sampai di lokasi.

Boleh kok foto diatas Hardtop, asal jangan lompat-lompat ya :p

Kemarin dengan harga paket tour Rp 600.000,-
aku sudah bisa menikmati berbagai daerah wisata di kawasan Gunung Bromo.

Rutenya seperti ini :
Pananjakan 1 - Savana - Kawah Bromo - Pasir Berbisik

Sama pak supir yang asli Suku Tengger.

Kalo kalian beruntung dapet pak supir yang asik,
biasanya dia bakal bawa kita ke tempat yang sudah di rencanakan sambil menceritakan
sejarah sejarah atau hal hal menarik tentang Gunung Bromo.

Kaya pak supir yang aku sudah lupa namanya ini,
dia ternyata orang asli Suku Tengger.
Iya Suku Tengger itu penduduk asli di sekitaran Gunung Bromo,
mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu.
Jadi jangan heran kalo dimana-mana banyak atribut dan janur seperti lagi di Bali,
karena memang mayoritas penduduk disana memeluk agama Hindu.

"Pokonya yang pake sarung sarung kaya saya gini ya orang Tengger"
- Pak Supir yang aku sudah lupa namanya.

*********
PANANJAKAN 1

Perjalanan hari itu dimulai bahkan sebelum subuh !
Pagi pagi sekali sekitar jam 03.30 kami sudah di jemput di depan hotel sama pak supir.

Tempat pertama yang akan kita kunjungi pagi itu adalah Pananjakan 1.
Pananjakan 1 itu adalah spot dimana kita bisa melihat matahari terbit dari puncak bukit.
Selain lihat matahari terbit kita juga bisa lihat cantiknya Gunung Bromo
dipagi hari yang masih di selimuti awan.

Gausah pake bedak juga udah cantik.
Bersyukur banget hari itu cuacanya cerah dan ga berkabut di pagi hari.
Jadi bisa dapet pemandangan secantik ini di depan mata. 

Gunung Bromo
Gunung Bromo diselimuti awan.



Kalo di puncak bukit lagi rame,
gausah takut ga kebagian space buat foto-foto cantik disana.
Karena se-rame-rame-nya orang diatas pasti masih bisa dapet foto-foto yang cantik.


GUNUNG BROMO
Jangan lupa selfie untuk kenang-kenangan !
*******

SAVANA

Tempat berikutnya yang aku kunjungi adalah padang rumput atau savana.

Sebenernya kemarin kayaknya ga yakin juga itu savana,
abisnya ga kaya yang di foto-foto.
jadi aku gabisa jelasin banyak hahahaha

Pokonya kalo kamu dibawa ke tempat yang banyak rumputnya,
kayaknya
itu
savana.

*******

KAWAH GUNUNG BROMO

Berikutnya,
kawah Gunung Bromo.

Pagi itu ternyata Gunung Bromo sedang dalam keadaan batuk-batuk,
alias banyak mengeluarkan abu vulkaniknya.
Wisatawan sangat disarankan agar tidak menaiki tangga menuju puncak,
tapi kalo masih ada yang ngeyel ya silahkan.

Kalo kata pak supir gini,
"Sekarang lagi ga bagus kondisinya , tapi kalo tetep mau naik ya silahkan,
resiko tidak saya tanggung."


Gunung Bromo
Mikir lagi kalo mau nengokin kawahnya hehe

Akhirnya kami putuskan untuk tidak naik kepuncak Gunung Bromo.

Lagi pula syukurnya,
13 tahun yang lalu aku sudah berkesempatan nengokin kawahnya Gunung Bromo ke puncak.
Kali ini kita foto-foto dan santai dibawah aja ya,
sambil lihat-lihat kuda.


Misalnya kaya gini...
Atau kalian bisa manfaatkan waktu dan tempat untuk foto foto di kaki gunungnya.

Oh iya,
bagi kalian yang alergi debu atau mudah sesak napas,
aku saranin untuk selalu bawa masker ya untuk jaga-jaga.
Karena debu nya memang ga main main,
stay safe !


*******

PASIR BERBISIK

Satu lagi tempat yang wajib kamu kunjungi sebelum kembali ke hotel.
Yap,
ini adalah salah satu tempat shooting nya film Pasir Berbisik.
Sesuai dengan namanya memang sepanjang mata memandang,
yang kamu bisa lihat adalah pasir, dan batu batuan.

Pasir berbisik, Bromo.

---------------------------------------------------------
 BEFORE GOODBYE




Senang sekali rasanya Bromo masih baik baik aja.
Tunggu ya, nanti aku balik ke sini lagi.
Jalan-jalan ke Gunung Bromo lagi ,
13 tahun lagi dari sekarang.

Till we meet again,soon.


Love,
Mayang Sesara

---------------------------------------------------------
If you have any question related to this article,
please feel free to contact me here.

Find me here ♥
https://www.youtube.com/channel/UCZiUsffBNg-hVf3mHtNRsbQ/videoshttps://www.facebook.com/mayang.sesarahttps://instagram.com/mayangsesara/https://soundcloud.com/mayang-sesarahttp://ask.fm/MayangHSesaramsesara@gmail.com



0 comments:

Post a Comment